Connect with us

Di Luar Kata

Kanal

Acep Zamzam: Suatu Saat Youtube dan Facebook Hancur

Acep Zamzam: Suatu Saat Youtube dan Facebook Hancur

Budayawan Tasikmalaya Acep Zamzam Noor memprediksi youtube dan facebook hancur berantakan. Sebab kedua jejaring media sosial tersebut merupakan alat dalam mempromosikan karya seni. Sedangkan karya akan bertahan melalui kesungguhan dalam berkreasi.

“Era digital atau revolusi 4.0 harus disikapi dengan baik. Tanpa disikapi dengan baik, seniman dapat tergerus dalam hal mental,” ujarnya saat menyampaikan materi pada Pembinaan pelaku seni dan budaya Kota Tasikmalaya bidang teater, musik, karawitan dan tari, di Hotel City Tasikmalaya, Kamis (2/5/2019).

“Karya kita tetap bertahan karena kesungguhan dalam berkreasi.
Kita hadapi sebagai alat sama seperti batu dan kertas di masa lalu. Internet bisa berantakan, youtube bisa saja hilang,” katanya.

Sebenarnya kebudayaan, kata dia, selalu berkaitan dengan negara lain. Indonesia khususnya sunda merupakan gabungan dari India, Cina dan Timur Tengah.

“Tantangan seniman hari ini bagaimana membahasakan lagi dengan kesenian masa kini,” katanya.

Narasumber lainnya, Ashmansah Timutiah mengatakan kemajuan zaman membuat masyarakat milenial bisa menikmati pertunjukan seni tanpa harus datang ke gedung pertunjukan. Bahkan bisa dinikmati di mana saja melalui gadget.

“Pekerja awak seni pertunjukan akan menghadapi dua dunia besar, pertama penciptaan karya. Kedua dunia kreatif yang mengatur, mengelola dan mengemban amanat seni untuk sampai ke masyarakat. Ini menjadi tantangan mengimbangi perkembangan zaman,” katanya.

Kabid Kebudayaan Dinas Porabudpar Kota Tasikmalaya, Uum Umayah mengatakan sebanyak 50 peserta hadir dari rumpun teater karawitan tari dan musik. Salah satunya menyikapi pelestarian seni dan budaya di era modern.

“Pelestarian melalui media sosial salah satu cara efektif karena mampu menjangkau khalayak luas dan dapat diakses mudah oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja,” ujarnya. ***

komentar

Lanjutkan

Komentari

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kanal

Ke Atas